Share |

Feb 19, 2011

Singapore Trip : Spikes Asia 2010





Terlambat banget ceritanya (dan panjang banget). Udah taun kemaren bahkan, bulan September tanggal 19-21 di Singapore. Kejadian ini emang surprising dan memang ini banget yang aku pengen. Jadi begitu tau ada Spikes Asia (festival iklan se-Asia Pacific di Singapore) dan ada acara yang buat student (namanya Spikes Academy, aku langsung menghubungi Festival representative nya di Indonesia, yaitu Femina Group. Dan ini berkali-kali banget. Aku langsung inisiatif bikin CV, portfolio seadanya, application letter, surat rekomendasi dll, dan semua aku kemas dengan unik (untuk menunjukkan kalo aku emang kreatif dan niat). Jadi Spikes Academy ini akan memilih 15 mahasiswa se Asia Pacific untuk dapet pelajaran keren banget dari top level advertising professional di dunia. Sounds very captivating, right? Ini international level dan sebelumnya aku belum pernah ikut kompetisi internasional apalagi menang ato jadi finalis. Dan sebelumnya aku juga belum pernah ke luar negeri. Kasian banget ya? Tapi alhamdulillah, bahasa Inggris ku cukup lancar, dan aku orangnya terlihat sangat internationally minded (mandiri, serba cepat, dan anti telat) plus passion yang sangat tinggi, itu yang paling utama sebenernya.

Alhasil, setelah semua aplikasi itu dikumpulkan, aku berharap banget bisa lolos jadi perwakilan Indonesia. Dan pada sekitar awal September, pagi-pagi di kos Icha (temen kampus), waktu itu aku nginep karena minta tolong Icha bantuin edit video supaya aku bisa menang kontes yang dibikin UN tentang MDG (sayangnya video editingnya error mulu, sampai lewat deadline). Alhasil nggak jadi ke New York deh. Padahal aku yakin konsep videoku keren abis mengalahkan semua peserta. Hahahaha



Tapi ternyata pagi itu aku ditelpon sama Mbak Intan (dari Femina yang contact2 an mulu sama aku tentang Spikes Academy) kalo aku dinyatakan lolos di Spikes Academy mewakili Indonesia (single delegate). Dan aku sumpah kaget banget. Aku memang jujur ngarep banget buat lolos, karena dengan lolos, pasti karier bakal bisa meningkat dan kenal banyak orang penting di industri periklanan. Apalagi denger kalo airline ticket nya di reimburse, dikasih hotel bintang 5 (Pan Pacific yang di samping Marina Square), dan akses ke semua acara di Spikes Asia (termasuk after party yang itu nggak terbuka buat student delegate, tapi buat student dari Spikes Asia dikasih akses). Wow, it's so damn amazing! Aku emang nggak pernah ikut atau menang Citra Pariwara, but I think Spikes Academy sounds better than that. Karena ini levelnya se-Asia dan diseleksi banget. Lebih susah kan mengalahkan kandidat dari negara lain?

Pan Pacific Marina Square


Jadi, karena dibayarin aku ke Singapore (pertama kalinya) naik Singapore Airlines (maskapai no. 1 di dunia yang paling bagus dan paling mahal). Haha, mumpung. Terus untungnya banget, setelah aku mengajak 2 sobat deketku (Bizka dan Bidar) buat ikut jadi student delegate yang bayar 1,5 juta, mereka mau. Kaget juga mereka mau ikut. Jadi kita bisa ketemu di sana en jalan-jalan. Sounds really fun right? Go to Singapore for competition, seminar, and having fun with close friends.

Tanggal 18 aku berangkat ke Singapore pagi-pagi. Jam 9.20 dari Bandara Soekarno Hatta, dan sampe Changi Airport sekitar jam 11.30. Sebenernya perjalanannya sekitar 1,5 jam, tapi ada perbedaan waktu 1 jam antara Indonesia dan Singapore. Jadi di sana lebih siang 1 jam dibanding Jakarta lah, akibatnya waktu sholat juga 1 jam lebih belakangan. Hehe. Waktu di bandara Soekarno Hatta aja udah nervous, apalagi sampe sana, sumpah bener2 kikuk kayak anak ilang karena sendirian. 2 temenku ini baru dateng tanggal 19 siang dengan pesawat berbeda. Anyway, naik Singapore airlines bener2 asik. Dan aku duduk sendirian, kanan kiri gak ada orang. Pesawatnya bener2 bagus, seatnya nyaman banget, bisa nonton film, dan makanannya enak banget, dikasih koran Straits Times sebelum masuk pesawat lagi. Pramugarinya super ramah, dan kita dipinjemin handuk hangat gratis. Bener2 first class deh.



Sampe Changi airport, aduh.. Airportnya keren dan tertata banget, dan gede juga tentunya, sampe mungkin bisa aja aku nyasar kalo nggak tanya petugas. Bener2 muter2 gak jelas, mau ambil koper di mana bingung, cek imigrasi di mana bingung, ke airport bus transfer mana juga gak tau. Tapi akhirnya bisa lah yaa... (udah gede juga). Sebenernya disuruh nyokap pake taksi aja, tapi sayang juga, karena prediksiku sekitar SGD$30, padahal nggak semahal itu ternyata.

 at Changi airport

Dan aku naik airport mini bus (namanya apa lupa) yang bayarnya SGD$9 dan bakal dianter ke hotel tujuan di mana pun itu asal di Singapore. Satu mini bus ato van ini penumpangnya kalo gak salah 5/6 orang, semuanya bule, kecuali satu cowok yang tampangnya Indonesia tapi gak yakin juga dia dari mana, dan agak kurang berani buat ngobrol sama dia. Cowok ini turun di Mandarin Oriental deket Orchard, dan aku turun di Pan Pacific Marina Square (terakhir diturunin sama si sopir) nggak tau kenapa.

Liat jalanan Singapore bener2 rapi banget dan kendaraan pribadinya dikit banget dibandingin Jakarta yang penuh di mana-mana. Yang naik motor bisa dihitung dengan jari (gak tau kenapa). Sebenernya nggak jauh beda sama Jakarta kalo dari building bagus2nya (bahkan di sana aku liat ada gedung sekolah ato rumah sakit Muhammadiyah kalo gak salah), tapi Singapore ini tertata banget. Kalo naik taksi sebenernya 15 menit sampe, tapi gara2 muter2 nganter yang lain2 dulu, yaa 40 menit baru nyampe hotel deh. Sampe di depan hotel langsung disambut sama petugas dengan ramah, kopernya dibawain (meskipun sampe kamarnya lama) dan langsung check in. Si petugas pake acara rada nge tes lagi. Untungnya aku tau room mate ku ntar siapa (Jeong Yumi dari Korea) dan dia belum dateng. Tapi ya finally boleh masuk duluan meskipun si Yumi belom dateng (dan kata Yumi lewat facebook, dia flight nya baru sampe malem di Changi). Hikz... sendirian deh.


kamarku di Pan Pacific

Masuk kamar hotel, yaa lumayan (gak bagus2 banget sih sebenernya, tapi kasurnya empuk). Mungkin karena sebelumnya pernah tinggal di kamar beberapa hotel di Jakarta dan Jogja juga sih, jadi ya gak beda jauh2 banget. Cuma kamar di Pan Pacific ini tirainya ada remote control nya dan ada broadband access buat internet (yang aku baru tau cara makenya nanti dari Yumi). Kamar hotelku ini no nya berapa lupa, lantai 7 kalo gak salah dan yang jelas menghadap swimming pool yang oke (sampe cek out pun gak sempet berenang gara2 sibuk parah). O ya, hotel Pan Pacific ini terhubung sama 3 mall, ada Marina Square, Suntec City, dan Suntec Convention Centre yang jadi venue Spikes Asia besok. Terhubungnya ini lewat sky bridge yang di dalam hotel, jadi gak perlu keluar buat kepanasan ato bahkan kehujanan.

Karena terhubung sama mall, niatku dari sebelum sampe Singapore (sebelum berangkat udah print peta dan research tempat parah) akan ke mall itu, Marina Square khususnya. Jadi habis sholat, aku keluar kamar, terus tanya petugas deh kalo ke mall itu lewat mana. Petugas yang tampangnya Chinese ini baik banget, bahkan aku dianterin sampe ke eskalatornya :) Marina Square mall nya lumayan gede, dan yang oke adalah karena dia ada papan petunjuk yang jelas di mana-mana, jadi kemungkinan nyasar kecil. Niatku paling utama adalah beli simcard Singapore, entah itu Singtel ato Starhub. Pertamanya mau Starhub, tapi gak nemu store nya. Dan akhirnya secara nggak sengaja ketemu store Singtel, ya beli aja lah. Harganya berapa bener2 lupa, tapi pulsanya lumayan banyak, sampe aku pake telpon, sms ke mana-mana masih ada saldonya juga sampe hari terakhir di sana. Petugas Singtel ini juga ramah banget. Dia bener2 bantuin registrasi sim card dan lain2. FYI, setiap beli sim card pasti kita diminta nunjukkin paspor. Kalo beli kosmetik di store agak gede di mall, juga diminta nunjukkin juga dan paspor kita akan di scan. Jadi bawalah paspor ke mana-mana.

Di Marina Square aku juga beli kosmetik di Sasha (nama toko kosmetik dan parfum semacam Watsons) dan ternyata harganya gak murah. Aku di sana beli bedak produk Jepang (gak tau mereknya apa, tapi bagus), parfum, lip gloss, sama kuteks. Tadinya mau beli eye liner, tapi mahal boo. Oh ya, di sana ada beberapa merek yang harganya lebih mahal dari di Indonesia lho... Misalnya Maybelline dan Garnier. Compact powder maybelline yang di Indo cuma Rp 35.000 di sana kalo di kurs in bisa Rp 100.000 lebih (dengan produk yang benar2 sama persis). Aku jalan2 di Marina Square cuma sebentar banget, karena katanya kita (delegates, mentor, sama orang dari Cheil worldwide) akan ketemuan di lobby hotel jam 6 dan mungkin akan makan malem bareng. Terus balik ke hotel, aku keliling2 lobby dan ketemu cowok ganteng tampang Melayu (kayak Indonesia sebenernya) dengan 3 cewek lagi duduk2. Karena aku udah googling dan facebook tracking mentorku, kuperkirakan kalo cowok ganteng ini mentorku (Mr.Noor Azhar, dia dosen Singapore Polytechnic dan dia akan meng guide para delegates during Spikes Academy, ke mana2 aja termasuk jalan2 nya). Pas ngeliat ke arahnya, dia juga lagi ngeliat ke arahku, dan terus dia melambaikan tangan. Aku ke sana deh. Dan bahkan dia sudah menduga aku ini siapa dengan bertanya, "Are you Nia?" :)


2 cewek ini namanya Chen Jia (dari RRC) , Nida (dari Pakistan) dan Khusboo (dari India). Udah liat mereka di facebook, dan ternyata kesan di facebook berbeda dengan kenyataan. Kirain Chen Jia itu orangnya kekanak-kanakan, tapi ternyata cukup elegant dan cantik, tinggi langsing berisi gitu deh. Kita di sana ngobrol2 tentang schedule kita dan Azhar cerita kalo banyak anak-anak yang belum nyampe hotel. Tapi besok waktu Spikes Academy nya udah ada semua katanya. (sebenernya aku penasaran banget sama anak yang namanya Marcus dari LaSalle Singapore). Mau tau ni bocah gimana? Baca aja terus dan nanti akan ada ceritanya. Kita di lobby tuker2an nomor HP juga dan nomor kamar hotel, trus Azhar bilang kalo muridnya, Charmaine lagi makan sama delegates dari Hongkong di Lau Pa Sat dan kita berempat disuruh nyusul aja ke sana dengan dikasih nomor Charmaine. Beruntung ada Chen Jia yang udah nyampe Singapore dari pagi dan udah keliling ke mana2 sendirian pake MRT, jadi dia jadi guide kita buat ke La Pau Sat meskipun itu pertama kalinya dia ke Singapore.




Gak tau Lau Pa Sat itu gimana, aku ikut2 aja. Kata Azhar sih itu tempat nongkrong dan makan yang oke banget dengan banyak banget stand makanan. Setelah naik MRT (sekitar SGD$1, tapi aku pake kartu), dan jalan kali ke luar sambil tanya orang2, sampailah kami di Lau Pa Sat. Sampe sana, si Chen Jia langsung telpon Charmaine, dan kita ketemuan sebentar habis itu setelah sepertinya Chen Jia cukup kesulitan ngomong di telpon karena Lau Pa Sat itu tempatnya rame banget (maklum malem minggu). Jadi, Charmaine yang anak Singapore ini juga meleset dari bayangan, kirain anaknya bermuka Chinese, ternyata Charmaine ini manis banget, dengan badan mungil, kulit putih, dan mukanya nggak Chinese meskipun aslinya Chinese. Tentang Lau Pa Sat, emang banyak banget orang jualan macem2, kayak food court super besar dan ini semi out door. Ada live music yang lumayan oke dan stand2 makanannya macem2, ada yang Chinese food, macem2 es, Indian food, Malay food, bahkan masakan macem makanan Indonesia kayak nasi goreng dan sate.


Charmaine dan Nelson di Lau Pa Sat


Kita pun dianter ke mejanya Charmaine, dan di sana udah ada Sammy (cewek) dan Nelson (cowok) dari Hongkong. Si Nelson anaknya lumayan ganteng, meskipun berbadan kecil, dan kita ngobrol dikit. Ternyata, Sammy dan Nelson itu satu kampus satu jurusan satu kelas. OMG, kok bisa ya kepilih dua-duanya? Soal pesen makanan, berhubung Nida dan aku sama-sama muslim, kita harus cari makanan halal. Charmaine yang baik hati pun tanya sama Azhar by phone di mana bisa nemuin makanan halal, dan itu ternyata di luar. Penjualnya langsung pada nawarin menu macem2. Aku pesen Hongkong noodle dengan harga SGD$4, Nida pesen makanan India, dan Charmaine pesen sate. Yang lain pesen apa aku lupa. Hongkong noodle nya enak lho ternyata. Dan tak disangka, at the end dibayarin semua sama Charmaine yang baik hati. (dia bilangnya "later" sih, tapi at the end dia bilang gak usah, hihi).


pintu depan gerbang MRT

Selesai makan sekitar jam 9an, kita balik ke hotel naik MRT lagi. Tapi sekarang udah ada Charmaine yang lebih ngerti jalan, hehe.Sampe hotel, kita masuk kamar masing-masing, dan ternyata aku dan Nelson di satu lantai (bahkan agak sebelahan kayaknya, maaf, agak lupa). Ternyata temen sekamarnya Nelson juga belom dateng, dan temen sekamarnya itu cowok Korea yang datengnya bareng Yumi ntar kayaknya.

Masuk kamar, aku internetan aja, sambil nunggu Yumi dateng (biar bisa saling ngobrol dulu, lagipula kalo dia dateng aku tidur rasanya kurang enak banget). Anyway, beruntung banget temen sekamarku ini orang Korea. Berhubung aku suka K-Pop dan lumayan ngerti artis dan penyanyi2 Korea dan sebelumnya punya beberapa temen Korea yang biasanya gampang banget untung klop sama mereka, jadi klop lah dapet room mate Yumi. Akhirnya sekitar jam 11 kurang dia dateng. Aku bukain pintunya dan dia masuk dengan koper shocking pink. Yumi ini berambut panjang, badannya tinggi langsing, dan ternyata anaknya cheerful banget. (prediksi dari foto Facebook meleset lagi, kirain dia orangnya agak jutek, hehe). Langsung kita ngobrol macem2 lah (sebelumnya udah ngobrol dikit di FB) dari seputar kampus, sampe ngomongin 2PM (boyband Korea yang mantan personilnya Park Jae Bum difavorite in banget sama Yumi). Ternyata beneran lho, kita nyambung banget. Yumi ini dari Korea University (kayak Universitas Indonesia, haha) dan dia pernah magang di Cheil worldwide jadi AE (pantes tau tentang Spikes Asia dan bisa lolos). Asik lah punya temen sekamar dia. Hehe. Karena ngobrol2, kayaknya kita baru tidur jam 12.30 deh, padahal besoknya harus bangun pagi buat sarapan bareng delegasi lainnya di restoran hotel.

19 September

Anyway, ini jadwal Spikes Academy nya (pembicaranya emang top abis, termasuk juri Spikes Asia yang pernah jadi juri Cannes Lions, Vice President Omnicom Group, dll).




Kami ada breakfast di restoran hotel (lupa namanya,  di lt.4 kalo gak salah) sekitar jam 8.30. Breakfast nya lumayan enak dan ada banyak pilihan dari roti prata sampe dim sum. Oke banget deh. Aku dan Yumi langsung gabung di meja tempat anak2 delegasi lainnya (semuanya udah dateng kecuali Marcus) yang beberapa baru kita temuin saat itu karena kemaren beberapa belom dateng. (tentang delegasi nya namanya siapa aja udah aku post di blog posting sebelumnya). Dan aku pun berpisah meja dengan Yumi. Aku duduk di meja yang ada cowok bulenya (Alvaro, si cowok Brazil yang kuliah di Taiwan), Sammy, Peter (cowok dari RRC), Mr. Azhar sama Charmaine juga kalo gak salah. Kenalan deh sama anak2 itu, dan ternyata... Di luar dugaan lagi. Kirain si Alvaro dari foto Facebook nya orangnya sombong, padahal dia lumayan kocak dan ramah. Trus ngobrol2 sama Peter, dia nanya, "Are you Chinese?" Heh? Dikiranya aku ini orang Chinese. Emang sih banyak orang Indonesia yang ngirain aku Chinese (padahal bukan dan kulitku gak seputih mereka). Tapi nggak nyangka kalo orang RRC asli mengira begitu juga. Trus aku tanya, "Do I look like Chinese?" Dia bilang iya, dengan aksen dan gaya ngomongku juga katanya kayak Chinese, yang words by words. Aku jawab, "No, I am not Chinese" at the end. Sial! Kok bisa gitu ya? Mana si Sammy yang dari Hongkong ngangguk2 lagi. Huff... Ya sudah lah. Tapi at least dengan menganggap aku Chinese, mereka jadi baik sama aku.

restoran di Pan Pacific

Selesai sarapan, kami semua ke lobby (kalo gak salah) ketemu sama Ms.Irene Lam dan temen Korea nya dari Cheil worldwide (yang jadi sponsor Spikes Academy). Dia orangnya ramah banget (btw, ada temennya dari Cheil yang meskipun udah Om2 tapi ganteng juga, hihi). Habis itu, kami dianter Mr.Azhar ke Suntec Convention tempat Spikes. Kami diajak ke ruang Spikes Academy nya (masih besok sih mulainya) dan ke meja registrasi. Meskipun coffee break baru ada jam 3 nanti, tapi meja registrasi udah stand by dengan rapinya. Kami terus daftar satu2. Dan sistemnya canggih juga. Kita pake difoto segala dan fotonya ditempelin di delegation badge (meskipun item putih hasilnya). Habis itu kita dikasih tas Spikes Asia (model selempangan) dengan banyak banget majalah dan notes dll di dalemnya. Jadi intinya tas Spikes Asia ini berat parah.



 Habis selesai registrasi, kami masuk ke ruangan utama Spikes yang banyak banget booth macem2. Ketemu sama petugas yang bisa bahasa Melayu bahkan, dan dia ngobrol2 pake bahasa Melayu sama aku. Tidak lupa kami foto2.


 Spikes Academy badge

Setelah selesai ngeliat2 venue (sebenernya kita kepecah jadi 2 rombongan secara gak sengaja), kita rencananya mau makan siang di mall nanti, tapi karena tas Spikes ini berat banget, jadi kami ke kamar dulu naroh tas doang, terus baru deh ketemuan buat lunch bareng. Kami (aku, Yumi, Ji Sung temennya Yumi dari Korea, Abishek dan Nida yang dari India, sama Nida) ketemuan di lobby hotel terus kami jalan deh ke Marina Square. Sumpah, kami bingung mau makan di mana, gara2 Nida dan aku harus cari makanan halal. Dan akhirnya kami makan di KFC. KFC Singapore itu menunya beda sama KFC Indonesia. Lebih enak tepatnya dan lebih mahal (sekitar SGD $ 3-7). Aku inget banget ada semacam puding kentang yang enak banget dengan mini size dan aku pesen itu. FYI, gak ada nasinya di KFC sini.



Habis selesai makan, kami balik lagi ke Suntec Convention karena di jadwal kami ada sesi Student Introduction. Di situ, kita perkenalan satu2, terus ternyata.... Ada pembagian kelompok dengan kocokan lottery buat kelompok student pitching di hari terakhir nanti. Student pitching means ada kompetisi buat tiap tim dengan brief yang diberikan nanti. Sekelompok ada 3 orang, dan aku sekelompok sama Yumi dan Peter. Not bad, I think, dan asik juga sekelompok sama room mate, jadi kalo mau discuss enak. Yang lebih penting lagi... Di sesi Student Introduction itu Marcus anak LaSalle Singapore ini udah dateng. Akkhhh... Aku liat di foto Facebook nya terlihat bad boy dan misterius sih. Tapi di luar kenyataan lagi. Prediksi meleset. Kirain dianya pendek, ternyata jangkung kerempeng. Udah gitu, dia dateng telat lagi, baru dateng jam 3 an gitu. Habis bagi kelompok, ada Emir Shafri dari Y&R Singapore masuk dan cerita2 pengalamannya dikit. Emir ini orang Malaysia yang kuliah di Spore (dan kerja di Spore). Pengalamannya cukup unik, karena background nya marketing, bukan advertising, dan bahkan dia pernah ke Cannes Lions dan ketemu David Droga yang sangat fenomenal itu.



Hmm... very lucky and interesting story. Habis itu, kita ada break sebentar dengan minuman disediakan dalam ruang Spikes Academy. Dan habis break, brief akan dibagikan. Pas lagi break, aku ngobrol deh sama Marcus :p
Anaknya ternyata bener2 sopan banget, meskipun penampilannya agak bad boy dengan anting dan gaya rambutnya yang super nyentrik. He's such a gentlemen. Nada bicaranya enak banget dan dia bahkan cerita kalo dulu dia pernah ke Jakarta pas kecil sama ortunya dan dia inget ada fotonya sama patung Ronald McDonald. Haha. Lucu2. Terus anehnya, tau2 baru kenalan gitu, dia masa nanya, "So, do you want me to take your picture?" Emang sih, aku pegang kamera, tapi kameranya kan buat motret objek dalam ruangan, bukan termasuk diriku sendiri. Haha. Terus aku jawab, "Hmmm... probably later. Because it will be much better to take pictures outside." Terus kayaknya dia agak bingung (kita sama2 bingung). Haha. Kan aku nanya, kenapa dia kemaren nggak nginep di hotel? Jawabannya masa aneh banget. Katanya, dia kira karena dia tinggal di Spore, dia gak dapet kamar hotel, dan dia bilang "Nobody told me". What? Waduh, miss communication ini. Masa sih Ms.Irene Lam nggak ngasih tau Marcus? Ato Marcus yang berspekulasi sendiri? Ya sudahlah. Terus si Marcus ngobrol deh sama Charmaine. Nggak lama, break selesai dan brief dibagi. Briefnya tentang Samsung LED 3D TV yang punye fitur buat meng convert konten 2D jadi 3D dan harus ada yang lewat social media. Cukup pusing juga sih mikirin brief ini, dan tanggal 21 sore atau 48 jam kemudian kita harus udah selesai (dengan eksekusinya kalau bisa) buat dipresentasiin di depan para juri.

Habis brief dibagiin, kita ada sesi Cannes Lions screening dari jam 4 sampe jam 6. Intinya akan ditampilin para winner di Cannes Lions (grand prix ato gold) yang menurut pembicaranya (Bob Greenberg dkk) menarik.



Ini ada beberapa yang aku ingat (karena memorable makanya diinget)
 




O ya, di ruang hall utama ini aku akhirnya ketemu juga sama temenku, Bidar dan Bizka yang aku khawatirin kalo mereka nyasar, dan aku juga ketemu sama dosen copywriting ku, Mbak Novi, yang ternyata kata Bidar, dia menyangka kalo Bidar adalah Ethenia (what? jadi dia nggak tau mukaku yang mana even kita udah message an via FB dan SMS an?). Ya sudah, akhirnya aku bareng sama Bidar dan Bizka buat nonton Cannes Lions Screening ini.




Habis Cannes Lions screening, ada networking cocktails yang oke banget deh (meskipun cuma ada kue2, tapi ada champagne ato wine yang gratis, tp aku haram buat minum). Nah, di sini banyak banget orang keren2 dari agency se Asia Pacific berkeluyuran di mana-mana (mau kenalan dan ngajak ngobrol gak pede). Mana banyak yang ganteng lagi. Habis rata2 mereka pada nge geng sendiri2. Hahaha. Ada juga bocah yang cute banget (yakin itu mahasiswa) yang mukanya mirip personilnya BEAST boyband Korea (tapi kayaknya dia bocah Singapore). Di networking cocktails ini kita disamperin sama cewek yang pake bahasa Indonesia. Ternyata dia orang Indonesia, namanya Grace, anak London School Public Relations (bahkan dia dateng ke Spikes sendirian, karena ada saudara di Singapore sih). Kita kenalan dan ngobrol2 deh sama Grace. Anaknya ramah banget, cantik, bermanner bagus, dan pede.


suasana di dalem restoran @Clarke Quay

Selesai networking cocktails, kami (para delegates) balik ke hotel dan kita akan makan malam bareng! Yey! Ditraktir sama Cheil worldwide lagi. Sumpah, mereka baik banget. Jadi kami makan di Clarke Quay, naik kapal dulu ke sana. Asik banget deh, pas malem2 lagi. Clarke Quay itu deket sama sungai (namanya apa lupa), dan karena ini minggu malem, sumpah rame parah dan ada banyak banget restoran. Di sini si Marcus ngilang lagi. Tapi katanya Mr.Azhar, Marcus bakal nyusul dan waktu kita udah sampe di restorannya, tau2 dia udah nyampe. Hahaha. Tapi sayang, aku nggak duduk satu meja sama dia. Jadi aku duduk di deket team mates ku (Yumi dan Peter). Restorannya lumayan cozy dan makanannya katanya dijamin halal. Makanannya udah dipesenin sama Ms.Irene dan buat kita rame2. Ada seafood dan pizza. Yummy deh.

di dalam MRT


Selesai makan di Clarke Quay, kami balik ke hotel naik MRT (tadi berangkatnya naik taksi nyambung kapal). Nah, di sini si Yumi sama Peter ngilang nggak tau ke mana. Jadi ya udah lah, padahal kita malem ini mau ngomongin tentang brief student pitching itu. Hadooohh... Tapi ada si Marcus sih, dan malem ini dia katanya nginep di hotel, hehe. (Maksudnya apa?). Kita naik MRT bareng petinggi2 Cheil. Ada Mr.Hong Tack Kim juga (creative director spesialis digital). Dan dia bahkan mau ngajak aku ngobrol duluan. (nggak pake gengsi). Orangnya baik deh.

Sampe hotel, aku sms Peter, dan nggak nyampe ternyata (ternyata nomornya nya nggak bisa aktif di Singapore). Dan Yumi baru balik malemmmmm banget setelah jalan2 ato minum sama temen Korea nya. Oke, jadi gimana ini Samsung LED TV? Kapan mau dibikin? Ya udah, aku tungguin Yumi balik. Habis dia balik, kita ngobrol2 bentar tentang final brief ini, terus tidur deh.

20 September

our table at class


Hari ini sesi lecturing ada banyak banget. Dan kami para delegates lumayan lelah dan ngantuk. Sampe2 ada beberapa yang tidur di kelas. Jadi jadwalnya itu kebagi2, dan karena jadwal Spikes Academy nggak full, kami kadang2 ke bawah, ke hall utama buat ngeliat seminar utamanya. Yang paling oke dari lecturing ini adalah sesi nya Simon Konberg yang nulis dan ngebagiin buku 101 Creativity. Jadi dia melatih kreatifitas kita dengan meminta kita menggambar apa yang dia instruksikan di kertas. Intinya, orang kreatif itu berpikiran berbeda, nggak standar, nggak cari aman, dan berani ambil resiko. Dan skor kreatif ku rendah banget. Kami semua dibagiin bukunya gratis dan di tempatku halaman pertama, selain dia tandatangan, dia juga nulis "Say Yes to Creativity". Haha. Maksudnya apa? Kayaknya gara2 tadi aku ngeyel di kelas.

Mr. Tony Fernandez, Air Asia CEO

O ya, pagi2 banget ada sesi dari CEO Air Asia, Tony Fernandez sama CEO Havas media group, David Jones. Baru tau kalo One Young World itu dibikin sama si David Jones. Keren dan lumayan inspiring.

Mr. Hong Tack Kim, from Cheil worldwide

Di hari ini kami juga dapet lecturing dari Mr.Hong Tack Kim yang ngebahas iklan2 di Korea. Menarik, karena aku tertarik dengan Korea.

Selesai lecturing kira2 jam 17.30, ditutup dengan sesi yang sangat menggemparkan di seminar utama dari Bryce Courtnenay. Dia itu ngasih lecturing kayak macem drama, pake aksi loncat2, lari2, terlentang di panggung, dll. (padahal umurnya udah 76 tahun). Habis selesai, banyak banget yang menghampiri dia ngobrol2 dan minta foto bareng. Sampe2 si Chen Jia habis ngobrol sama dia, nangis, nggak tau terharu ato apa. Aku juga sempet ngobrol sama dia. Aku bilang, "I am Spikes Academy student from Indonesia, and I'm the only one from Indonesia." (maksudnya di Spikes Academy nya). Terus dia menatap wajahku lekat-lekat dan bilang, "Very beautiful." (nggak tau maksudnya mukaku ato Indonesia yang beautiful). Katanya dia dulu sering bantu desa2 di Indonesia dalam bangun sumur, dll. Habis ngobrol sama dia, kita foto bareng deh.

Bizka, Bidar, Om Bryce Courtenay, aku


Sesi Bryce Courtenay yang didatangkan dari DDB Singapore ini yang terakhir di hari ini. Habis itu ada networking after dark di beberapa agency di Singapore, yaitu : Ogilvy, JWT, TBWA, Euro RSCG, dan Starcom MediaVest. Keren2 banget agency2 ini. Mr.Azhar dan delegasi lain nanti pada pergi ke Ogilvy, JWT, dan TBWA kalo gak salah dengan janjian di depan meja registrasi Spikes. Sementara aku ngajak Bizka dan Bidar main ke kamarku, dan mereka girang banget sambil foto2. Setelah keluar kamar, kami ketemu si cantik Kwan dari Thailand di deket lobby hotel dan dia nanyain rombongan lain beserta Mr.Azhar. Kami pun jalan bareng2 dengan Kwan ke arah Suntec, karena aku juga mau pamit sama Mr.Azhar dengan alasan mau ke Starcom Mediavest (gak tau kenapa waktu itu pengen banget ke sana, gara2 nyaris dapet internship di Starcom Jakarta). Setelah ketemu dan pamitan sama Mr. Azhar, kami yang tadinya mau ke Starcom yang deket, nggak jadi masuk, gara2 kita merasa bocah seorang diri. Jadi kita udah muter2 banget nanya ke banyak orang tentang Harry's (venue partynya Starcom). Dan katanya itu bar (ya Allah). Terus akhirnya nemuin, tapi orang2 di sana semuanya pada pake kemeja putih, sudah dewasa, mayoritas cowok, dan semuanya ngeliatin kita sambil megang gelas beer, seolah2 kita bocah yang tersesat. Nggak jadi deh kita masuk. Eh, malah habis itu kita jalan2 ke Orchard. Ke sananya pun pake berantem dulu antara naik bus ato MRT, dan akhirnya naik bus dan ternyata lebih murah dari MRT. Haha. Tadinya aku mau ketemuan sama temen SD ku, Haqy, yang kuliah di Singapore. Tapi gara2 kemaleman, kita nggak jadi ketemu (mungkin dia lagi agak males ato yang lain).

 foto di Orchard road

Kami pun nggak jadi ketemu sama sekali di Singapore ini padahal aku udah punya nomor HP nya. Ya sudah lah, kami bertiga ke Orchard, nyari2 Lucky Plaza, dan itu udah kemaleman. Lucky Plaza nya udah mau tutup. Di sana aku beli kosmetik lagi. Aku beli Oxy facial foam yang nggak ada di Indonesia, Lancome Blanc expert lotion moist, sama Biotherm sensitive eye make up remover. Lancome sama Biotherm nya ukuran mini, jadi murah gitu. Cuma sekitar SGD$9 dapet 3 kalo gak salah. Nah, si Bidar nih, beli parfum lama banget, karena sms nyokapnya balesnya lama. Haha. Habis belanja, kami (tepatnya aku doang) makan di McDonald. Aku beli paket burger yang harganya lumayan lah. Terus habis itu Bizka beli kopi ato apa gitu di 7eleven.

Balik dari Orchard ke hotel naik bus, dan sampe kamar Yumi belom dateng. Dateng2 dia bawa balon dari Ogilvy warna merah. Kayaknya seru deh networking after darknya. Iiihh... sial! Terus habis Yumi mandi, kami kumpul bareng di lobby bareng Peter buat brainstorm tugas student pitching ini. Besok harus dikumpulin dan dipresentasiin!!! Dan di lobby bawah juga ada kelompoknya Marcus dkk dan Alvaro dkk (Alvaro baru beli iPad di Singapore bahkan). Mereka lagi brain storm juga. Dan di situ tattoo di pahanya Marcus ketara jelas banget. Gede dan nggak tau gambar apaan. (keren :D). Di situ ada orang Cheil Mr. Seon lewat. Terus masa dia nawarin mau dibeliin apa. Baik banget, gw bilang Kimchi, terus dia bilang Kimchi itu bukan snack. Ya sudah lah. Manut aja. Balik2, dia bawa tas plastik lumayan gede isi snack. Dan itu dikasihin ke Yumi. Hahaha. Asiiikk... Snack gratis waktu brainstorm.

Kami brain storm sampe lamaaa banget, dan Peter tetep aja nggak srek sama ideku dan Yumi. Kita tidur sekitar jam 2 kalo nggak salah. Ngantuk banget :(

21 September

Mr. Toshiya Kono, from Hakuhodo Japan


Sarapan seperti biasa di restoran hotel, dan kayaknya hari itu aku dan Yumi bangun kesiangan, sampe ditelpon dari resepsionis bawah buat cepetan sarapan. Sebenernya aku udah bangun dari pagi buat sholat seperti biasa, tapi Yumi masih molor. Dan alarm nya dari kemaren nggak pernah memberikan efek buat dia. Haha. Aku udah mandi, dan Yumi aku bangunin. Dia mandi kilat, terus kita sarapan. Kayaknya telponnya baru bunyi habis dia mandi. Langsung deh kami ke tempat sarapan, dan beberapa anak-anak kayaknya udah selesai dan akan cabut ke Suntec. Hmm... Aku dan Yumi sarapan kilat, terus nungguin Nida, yang emang biasanya suka paling belakangan dan kita ke Suntec. Yep, sampe ruang Spikes Academy, udah ada Peter. Seperti biasa kami duduknya di meja yang sama dengan team mates masing2. Aduh, hari itu lumayan panik, karena kami belum menemukan ide yang pas (pas di Peter, terutama) buat dipresentasiin jam 5 nanti! Aaaa... Udah tinggal menunggu hitungan jam. Sesi pertama di kelas sama Toshiya Kono, dari Hakuhodo, Japan. Waktu itu masih belum ada ide baru.(apa yang sama dia udah kemaren ya? lupa)

Terus habis itu kita turun ke bawah buat liat session nya Cheil di seminar utama oleh Mr.Jason Choi. Next, ada sesi nya Bob Greenberg tapi kita nggak nonton, kita milih balik ke atas, ke ruang Spikes Academy. Terus, habis itu, sekitar jam 12 sebelum sesi nya Jennifer Morla, dari Morla Design USA, tiba-tiba Peter menemukan ide.

 Jennifer Morla

Peter bilang ke aku, aku setuju, aku bilang ke Yumi, Yumi bilang OK. Ya sudah, kita sepakat pake idenya Peter yang lumayan unik menurutku yang baru dateng deadline minus 5 jam. Superb! Kita nggak akan sempet bikin eksekusi kalo gini. Terus waktu sesi nya Jennifer Morla, kita dengerin dengan seksama. Karena sesi ini menurutku yang paling oke, as aku nggak punya basic design.


Habis itu kami lunch dan harusnya ke bawah, ke seminar utama buat ngeliat sesi nya Rei Inamoto yang ganteng. Sayang, kami yang belum bikin apa-apa ini karena nggak punya banyak waktu lagi, memutuskan untuk nggak liat. Kami balik ke kamar masing-masing bentar. Peter ambil Macbook nya, terus aku sholat Dzuhur. Habis itu kami ketemuan di Starbucks Suntec di lower groung dan aku dateng duluan sebelum Yumi dan Peter. Di situ aku bikinin power point buat presentasi dengan tulisan yang detail panjang. Dan kata Peter itu nggak cocok buat dipresentasiin, dan dia bikin versi short nya di Macbook nya. Habis itu Peter nanya, siapa yang bisa desain? OMG, ternyata kata dia sense of design nya jelek (kalo gitu ngapain pake Macbook?). Akhirnya kami nggak pake desain apa2, bener2 super simple, cuma ngandelin ide unik nya Peter. (padahal sebenernya aku dan Yumi bisa desain dikit2). Waktunya mepet, habis ini kami disuruh ke atas buat sesi lecturing selanjutnya.

Yumi, Peter dan aku ngerjain final project


Kami balik ke ruang Spikes Academy, dan aku tetep ngelanjutin ngerapiin power point, sementara Peter dan Yumi keluar bentar buat bikin video demo yang menunjukkan ide kita pake iPhone nya Peter. Ternyata, balik2 video nya gak jadi, katanya jelek. Hikz... Jadinya gak pake video. Terus habis ini adalah sesi lecturing nya Kit Ong, creative director nya Euro RSCG Malaysia yang juga jadi juri di Spikes. (mayoritas lecturer kita di Spikes Academy adalah juri di Spikes Asia). Dia cerita tanpa pake slides apa2 (gak modal banget), cuma sharing bagaimana dia di insustri periklanan, orang2 nya, dan bagaimana dia menemukan insight. Habis sesi nya Kit Ong, sebenernya ada sesi sama Jon Wilkins di seminar hall utama, tapi di antara kami semua tetep stay di ruangan, karena 40 menit lagi akan dimulai student pitching nya. Aaaa.... Mana di meja deketku kan mejanya kelompok Marcus (Marcus, Sammy, dan Khusboo), dan mereka itu pake eksekusi print ad dkk. Terus waktu kami lagi hectic2nya, ada wartawan cewek bule mau wawancara lagi. Terus Ms.Irene nanya apakah aku bersedia di wawancara. Karena aku lagi rebek banget, aku bilang "Sorry". Jadinya wartawan itu wawancara si Marcus sama Charmaine kalo gak salah.


Sesi student pitching udah mau dimulai, dan harusnya kami bertiga sama2 maju dan sama2 ngomong di depan juri nanti. Tapi masa kata Peter dan Yumi, aku aja yang ntar ngomong? Katanya bahasa Inggris ku lebih bagus daripada mereka berdua. Ya sudahlah. Dan ternyata kami maju sesuai urutan undian nama kelompok di awal. (kalo gak salah). Jadi urutan ke-2 untuk kelompok kami yang dikasih nama Kicky Worldwide (wkwkwk). Para juri udah masuk, dan mereka semua dari Cheil. Ada yang dari Cheil Korea, Asia Pacific, dan Singapore. Mr.Hong Tack Kim jadi juri kami juga. Yang maju pertama kelompoknya Marcus. Dan cuma Marcus sendirian aja yang ngomong. Big idea nya "Let Me Out". Marcus presentasi pake celana pendek dan atasannya kemeja. Ngomongnya santai banget, tanpa beban. Dan bahkan dia bikin eksekusi iklan radio. Oh my.. Complete packaging.

siap2 mau presentasi

Urutan kedua akhirnya tiba. Aku maju ditemenin Yumi jadi operator laptop. Waktu ngejelasin cuma 10 menit, dan aku ngomong sambil pegang laptop kecilku ini takut lupa. Aku bahkan ngejelasin sambil demo gerak2 sesuai ide campaign kami, dan audience pada senyum2 ketawa-tiwi kecil (dasarrrr...). Penasaran kayak gimana presentasi kami? Lihatlah slideshare di bawah.... Dan ternyata waktu habis, dan aku belum selesai ngomong. Aduuuhhh.... Sumpah, aku merasa bersalah banget sama Peter dan Yumi.


Urutan ketiga kalo nggak salah kelompoknya Nelson (dengan Chen Jia dan Ji Sung). Urutan keempat Abishek, Alvaro, dan Kwan. Urutan terakhir Charmaine, Nida, dan Sarah. Bahkan 3 kelompok ini idenya mirip, tentang experience semua. Precious moment lah, world experience lah, sama satu lagi experience apa lupa. Selesai semua presentasi, kami keluar sebentar, biar jurinya diskusi. Terus kami masuk lagi dan jurinya ngasih evaluasi satu2. Dan mereka bilang kalo kelompokku presentasi nya interesting dengan demo (maksudnya aku yang gerak ke sana sini), tapi memberikan cara yang negatif, cara yang berlawanan dengan 3D maksudnya, jadi 2D dulu. Terus akhirnya pemenangnya diumumin. Dan juara satu adalah.... kelompoknya Marcus (yang dari awal sebelum ketemu udah aku duga kalo dia emang talented). Dan juara kedua kelompoknya Nelson (aku rasa gara2 juri bilang desain slide nya paling bagus). Desain doang? OMG, oke, Nelson emang art director, tapi kata Mr.Azhar kan yang paling penting ide, bukan desain packaging, dkk. Ya sudahlah... terima saja.

Semua juara 1 dan 2 dapet hadiahnya sama. Yaitu... kamera digital Samsung. Oh, senangnya. Tapi mereka nggak dapet sertifikat kayaknya (haha... untung aja). Terus habis itu ada graduation ceremony. Nama kami dipanggilin satu2 buat nerima sertifikat, dan kami salaman sama Allison (petinggi Spikes Asia). Akhirnya selesai juga. Terus habis ini, kami foto bareng2 rame2 di bawah.



Dimasukin internet ternyata hasil fotonya. Hahaha. Habis itu baru ada awarding night di Esplanade, dan kami balik ke hotel dulu buat ganti baju. Dan ternyata di lobby...Charmaine pamitan. Dia bilang harus segera pulang karena besok pagi2 dia akan ada kompetisi. Terus aku dan Charmaine berpelukan dan kita tukeran kartu nama. Eh, terus nyusul si Marcus juga pamitan nggak ikut awarding night. Katanya besok pagi2 dia harus ngantor dan katanya kantornya jauh. Hmmm... Dan aku pun minta foto berdua sama Marcus setelah Chen Jia foto berdua sama dia. Tapi kok pundaknya Chen Jia dirangkul dan aku nggak? (mungkin Marcus grogi?)



Akhirnya kami bertiga belas plus Mr.Azhar ke Esplanade bareng2 jalan kaki lumayan jauh. Dan sebelum sampe Esplanade, kami mampir McD ato KFC (lupa) buat beli es krim (dibayarin Mr.Azhar). Sampe Esplanade, udah telat. Awarding night bahkan udah setengah jalan. Dan dari tengah jalan itu, nggak ada nama Indonesia disebut menang. Hikz... (ternyata udah disebut awal2 tadi dan dapet award buat 3 kategori kalo gak salah). Kan aku jadi malu sama temen2? Karena di antara mereka semua, asal negaranya disebut menang. Young Spikes nya Indonesia nggak menang lagi. Dan yang juara 3 Young Spikes itu 2 cewek dari Hongkong yang ketemu di Starbucks siang tadi lagi. Intinya,,, awarding night nya lumayan rame dan asik. Di depanku ada gerombolan Pinoy dan mereka ribut kalo negaranya disebut menang (ada yang ganteng satu). Di awarding night itu buat kategori Young Spikes Media, Dentsu Japan menang. Dan cowok yang maju nerima piala itu ganteng banget. Dia copywriter dan namanya Arata Hashimoto, pake kaos sepakbola Jepang, tapi sepatu formal. Ohhh....

Habis awarding night selesai ada after party dan kami Spikes Academy students dapet akses ke sana (tapi Student Spikes biasa nggak). Sayangnya, aku malah nggak ke sana. Aku jadinya jalan-jalan sama Bizka dan Bidar ke Little India buat cari oleh-oleh di Mustafa, minimarket 24 jam. (padahal katanya after party nya rame dan asik banget). Agak nyesel sih... Tapi ya gini, namanya memanfaatkan trip ya harus dibagi2 mau ke mana2 aja. Sumpah, Spikes Asia 2010 bener2 nggak bisa bagi2 antara Spikes Academy dan lecturing dan kompetisi nya, seminar utama Spikes Asia, dan jalan2 di Singapore nya secara ke negara ini pertama kali. Aku ini bener2 pengen ngobrol sama Arata Hashimoto. Gara2 nya waktu tadi siang dia masuk ke ruangan Spikes Academy (sampe aku ngira ada pengajar super ganteng) dan dia beserta rekannya menyapaku, "Morning" (kalo gak salah aku doang yang disapa). Ini Arata udah di depan mata habis awarding night. Tapi gara2 kayaknya Arata orangnya dingin dan aku nervous, aku nggak berani nyamperin dia untuk sekedar minta kartu nama. Bego! Padahal, kapan lagi????? Hikz. Nyesel parah. Dia langsung ngeluyur sama temen2 Dentsu Japan buat ke after party. Ya sudah lah.

menuju MRT ada poster Jay Park, foto bareng aja meskipun gak bisa liat konsernya


Aku, Bidar, dan Bizka terus naik MRT ke Dhobby Gaut buat ke Mustafa. Di sana sebenernya biasa aja. Tapi emang semuanya ada, dari jam, elektronik, makanan, kaos, souvenir, sampe parfum. Dan aku beli parfum + jam tangan. Dan Bidar dan Bizka nggak beli apa-apa kayaknya. Habis itu kami mampir ke restoran daerah Little India buat beli roti Pratha (roti khas India yang ternyata di hotelku ada gratis waktu sarapan). Habis itu udah malem banget. Jam 12 kalo gak salah. MRT udah nggak ada, bus jarang banget. Terus aku jalan kaki sendirian cari2 halte gak ketemu (karena beda tujuan dengan Bizka dan Bidar yang nginep di Beetle Box hostel daerah Rochor Road). Akhirnya aku naik taksi dan itu muter2. Kata sopir taksinya, jalannya pada ditutup gara2 ada F1, dan kami bolak-balik terus sementara argo tetep jalan. (gak tau aku diboongin ato gak). Sampe hotel jam 00.30 kalo gak salah. Dan ternyata Yumi belom dateng. Capek banget.


22 Februari


Pagi2 bangun (dibangunin HP nya Yumi kalo gak salah). Sebelumnya aku udah bangun gara2 sms Bidar ngajak ke Bugis, tapi gara2 aku ngantuk dan capek banget, aku bilang gak bisa. Terus aku dan Yumi sarapan dengan penampilan kucel (aku dan Yumi belom mandi kalo gak salah), setelah kami nyamperin kamarnya Nelson dan Ji Sung di sebelah (kamarnya rapi dan wangi). Pas sarapan, aku cuma ketemu Mr.Azhar, Kwan, Ji Sung, Alvaro, dan Nelson. Sebenernya aku mau bagiin suvenir khas Jogja ke semua temen2. Tapi gara2 cuma ada mereka, ya cuma mereka aja yang aku kasih. Masih sisa deh... Aku ngobrol2 sama Mr.Azhar sebentar, dan waktu dia aku kasih souvenir, dia bilang "You don't have to". Tapi aku bilang aja, "It's tradition". Dan dia menerimanya. Kayaknya hari ini mood nya dia lagi kurang baik karena nggak se-ceria kemaren. Terus mereka semua udah mau selesai sarapan dan balik satu2. Nelson tanya, "Have you finished?" Aku bilang, "Not yet." Karena aku lagi mau menikmati sarapan terakhir di hotel bintang 5. Dan dia senyum2, terus balik ke kamarnya. Aku bener2 muas-muasin sarapan lezat terakhir ini. Habis kenyang, aku balik ke kamar buat mandi, dan Yumi lagi tidur (lagi).


Aku selesai mandi, terus beres2. Yumi masih tidur, terus dia aku bangunin buat ngingetin kalo dia harus check out. Yumi masih males2 an. Dan dia aku minta foto bareng di kamar (kita kemaren2 cuma foto berdua sekali difotoin gratisan sama Mbak2 SPG Yahoo). Kata Yumi dia baru balik ke Korea sekitar 2 hari lagi kalo gak salah, karena dia mau jalan2 di Singapore dulu dengan nginep di hostel bareng Ji Sung. Terus waktu aku minta foto2 di kamera DSLR nya di share, dia bilang nanti bakal dia upload di FB. Tapi belom di upload sampe sekarang. Hmmm... Aku pamitan setelah minta kartu namanya (kartu nama Cheil worlwide ternyata dan dia magang dapet kartu nama resmi!) dan bilang besok kalo aku ke Korea akan contact dia. Yumi bilang, "Yeah, contact me when you're in Korea."

Aku pun cek out dan nitipin koper di resepsionis karena aku mau jalan2 di mall. Habis nitipin koper, aku jalan2 ke Marina Square lagi. Di sini aku ketemu Mr.Matthew Marsh yang jadi MC di Spikes Asia, tapi dia lagi sibuk ngomong sama petugas mall. Terus aku lanjutin jalan-jalan sendirian. Aku beli tas ransel, tas buat nyokap, tights, sama beberapa barang di Guardian. Ternyata di Marina Square lantai LG ada department store lumayan oke namanya John Little, dan harganya lumayan murah, dan aku baru tau! Sial! Bahkan harga parfum nya lebih murah daripada di Sasha. Mana duit tinggal dikit lagi. Yaaaa.... Selesai belanja, aku sempet mampir ke Suntec City buat nukerin rupiah ke dollar Singapore (buat belanja cokelat di Changi). Kata temen Indonesia ku, kalo nuker jangan di Singapore karena kurs nya beda jauh, nyatanya sama aja kayak di Indonesia.


Selesai belanja, aku balik ke hotel lagi buat ambil koper. Dan luckily, aku ketemu Ms.Irene lagi cek out. Aku pamitan dan berpelukan deh sama dia sekalian minta kartu nama. Dia bilang dia baru balik ke Korea beberapa hari lagi, terus dia mau pindah ke hotel lain. Selesai dia pergi, aku ambil koper, terus minta dipesenin taksi buat ke airport sama petugas hotel. Akhirnya aku balik naik taksi karena bawaan banyak. (tambah banyak tepatnya). Ternyata nggak mahal, lho. Cuma sekitar SGD$15, dan nggak pake muter2. Haha. Oh ya, katanya tanggal 22 ini F1 udah mulai, dan lintasannya itu di deket Pan Pacific Marina Square. Tapi aku nggak pengen nonton F1 juga. (maunya nonton Park Jay Bum concert yang kalo gak salah tanggal 25).

Perjalanan menuju Changi cuma sekitar 20 menit. Aku naik Singapore airlines lagi. Dan aku inget kalo pesawat Garuda nya Bizka terbang dengan waktu deket2 sama flight ku. (flight ku jam 15.30). Di bandara aku check in pesawat, terus ketemu sama gerombolan cowok2 keren pake tas Spikes Asia. Karena aku penasaran, siapa tau mereka dari agency keren (gara2 kemaren2 belom kenalan sama peserta Spikes dari negara mana pun kecuali anak2 Spikes Academy), aku kenalan aja dengan nanya "Hello, did you come to Spikes Asia?" Terus cowok itu dengan ramah berkata "Yes." Dan kita pun ngobrol2, ternyata mereka dari University of Asia and the Pacific, Philippines, dan mereka rame2 dateng ke Spikes (sekitar 30an orang, tapi bayar sendiri). Kirain orang agency, ternyata mahasiswa juga. Aku cuma kenalan sama 2 di antara mereka (padahal mereka sekitar ber7). Yang lain udah ngacir di depan duluan. Katanya pesawatnya baru nanti jam 4 lewat bahkan. Tapi mereka udah ada di airport sekitar jam 1 ini. Haha.


Di airport ini, aku masih nyempet2 in belanja. Aku belanja cokelat sama majalah. Terus jalan masuk ruang tunggu deh. Terus masuk pesawat, makan enak, nonton film. Trus tau2 nyampe Jakarta. Akhirnya.... Di sini aku telpon Bizka habis ngelewatin pos macem2 dan setelah tadi sms (dan baca sms balesannya telat). Kita pun ketemuan dan balik bareng ke Depok naik taksi karena bawaanku banyak banget. Si Bidar baru nyampe 2 jam nanti, dan dia pasti dijemput keluarganya. Akhirnya selesai sudah perjalananku ke Singapore. For competition, festival, trip, experience, and friendship.


Tips kalo ke Singapore :

1. Jangan ragu2 dan malu2 buat nanya orang Singapore yang ditemuin even gak kenal tentang jalan, alamat, lokasi, prosedur, dll karena mereka bener2 ramah dan helpful banget. (daripada malu bertanya, dijamin akan sesat di jalan).
2. Bawalah peta ke mana-mana buat memudahkan naik MRT. Naik bus juga nyaman, dan somehow naik bus lebih mudah dan murah. Lebih enak bayar MRT dan bus pake kartu (beli aja kartu yang nanti bisa di reload).
3. Harus bawa SGD, lebih bagus ada pecahan duit kecilnya buat naik bus ato MRT. Tapi kalo pun masih ada sisa rupiah dan duit SGD kurang, bisa exchange money di sini juga kok.
4. Kalo mau belanja fashion, lebih enak baca majalah dulu, misalnya Cleo Singapore (yang harganya cuma sekitar SGD$4), karena kita jadi punya guidance mau ke butik mana dan mall mana. Sering juga Cleo ngasih voucher diskon di dalem majalah.
5. Kalo mau belanja elektronik, bisa liat promosi katalog di The Straits Times.
6. Kalo mau makan murah di mall, paling murah di semacam KFC dkk (dijamin halal juga).
7. Hilangkan mindset kalo harga barang2 di Singapore lebih murah. Yang jelas lebih murah waktu itu adalah iPad yang kalo di kurs in di bawah 5 juta rupiah, baju2 di Bugis, sama parfum. Fashion dan cosmetic items lainnya sama aja kayak di Jakarta ato bahkan lebih mahal.

No comments:

Post a Comment

Any comment, please?