Share |

Jun 2, 2009

Featured Entertainment Blog

May 31, 2009

Suplemen Kesehatan, Masihkah Diperlukan?

Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan besar semakin bertambah. Hal itu disebabkan baik karena adanya urbanisasi dan migrasi penduduk lainnya, maupun pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, khususnya di negara berkembang seperti Indonesia, dan Jakarta adalah salah satu contohnya. Sebagai kota metropolitan di mana terdapat 9 juta penduduk di mana, kemacetan dan polusi udara bukanlah merupakan suatu hal baru yang dirasakan penduduk di dalam kota ini. Dua hal tersebut merupakan faktor utama penyebab terjadinya stress, terutama bagi orang-orang yang sibuk bekerja di kantor. Belum lagi ditambah dengan adanya kesibukan di kantor yang membuat waktu istirahat serta olahraga menjadi semakin minim. Bahkan terkadang kesibukan tersebut mengganggu pola makan ataupun menimbulkan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang dirasa kurang sehat dan tidak memenuhi standar gizi yang semestinya dikonsumsi tubuh manusia setiap harinya. Jika sudah seperti itu, kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi terganggu, sehingga rentan terhadap penyakit.

Bahkan akibat adanya stress, pola hidup yang serba cepat dan tidak sehat, serta kurangnya istirahat dan olahraga dapat berakibat mengurangi usia harapan hidup seseorang. Sepertinya dapat kita bandingkan, bahwa usia harapan hidup penduduk yang tinggal di pedesaan di Indonesia lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal di perkotaan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa Sleman, suatu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah di mana usia harapan hidupnya paling tinggi di Indonesia. Perlu diketahui bahwa Sleman adalah suatu daerah di mana terdapat banyak pedesaan dan dapat kita simpulkan bahwa pedesaan merupakan daerah yang tenang dan ideal untuk menghabiskan hari tua di mana orang-orang jauh dari stress dan tentunya dengan pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Bahkan terkadang mereka memetik buah-buahan dari kebun mereka sendiri.

Oleh karena itu, untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan, asupan vitamin dan mineral harian yang juga berfungsi sebagai body defense dan detoksifikasi, bahkan untuk mengganti sel-sel yang rusak yang kemungkinan disebabkan oleh banyaknya terpaan polusi udara yang tidak sengaja diterima oleh tubuh, suplemen kesehatan dalam era modern yang serba cepat ini sangatlah diperlukan, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang mungkin agak sulit untuk menemukan makanan hijau dan buah-buahan segar tanpa adanya kontaminasi pestisida. Kalaupun makanan seperti itu dapat ditemukan, mereka yang serba sibuk ini hampir tidak memiliki waktu untuk mengkonsumsinya. Untuk itu, suplemen kesehatan dapatlah menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral bagi manusia, maupun sekedar untuk menjaga stamina tubuh, karena kita dapat membuat suatu asumsi bahwa mereka dengan jadwal kerja yang padat yang dekat dengan kemungkinan stress akan lebih lelah sehingga lebih rentan terhadap penyakit dibanding mereka yang memiliki lebih banyak waktu istirahat. Jadi, tunggu apa lagi, jangan lagi ragu untuk mengkonsumsi suplemen kesehatan, karena hal ini memang perlu, dan jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya serta apakah suplemen kesehatan ini telah terdaftar di badan POM. Lihatlah kandungan suplemen tersebut, dan sesuaikan dengan kebutuhan harian kita. Salam sehat!